glossary

Kamus

Languages:  de  el  en  es  fr  he  hr  id  is  it  ja  ko  lt  lv  nl_BE  pt_BR  ro  ru  zh_CN  zh_TW 

Open Data Data terbuka mampu digunakan untuk segala kebutuhan. Rincian lebih lanjut dapat dibaca di opendefinition.org.

Machine-readable Format yang dapat dibaca oleh mesin yang mampu memiliki data yang diekstraksi dengan mudah oleh program komputer. Dokumen PDF bukanlah mesin yang dapat dibaca. Komputer dapat menampilkan teks dengan baik, tetapi memiliki kesulitan besar dalam memahami konteks yang melingkupi teks.

Connectivity Konektivitas berhubungan dengan kemampuan komunitas untuk terhubung ke Internet, khususnya World Wide Web.

BitTorrent BitTorrent adalah protokol untuk mendistribusikan jalur transfer file super besar antar komputer yang berpartisipasi pada transfer tersebut. Daripada mengunduh sebuah file dari sumber spesifik, BitTorrent memperkenankan para penggunanya untuk saling mengunduh satu sama lain.

DAP

Lihat {term:Protokol Akses Data}.

Data Access Protocol Sebuah sistem yang memperkenankan pihak luar diberikan izin akses ke basisdata tanpa mengganggu sistem mereka.

Attribution License Sebuah lisensi yang mewajibkan sumber orisinal dari material berlisensi tersebut untuk dikutipkan (diatributkan).

Data protection legislation Undang-undang perlindungan data bukan berkisar tentang melindungi data, tapi berkisar tentang melindungi hak warga negara untuk hidup tanpa rasa takut bahwa informasi tentang kehidupan pribadi mereka mungkin menjadi publik. Hukum melindungi privasi (seperti informasi tentang status ekonomi seseorang, kesehatan dan posisi politik) dan hak-hak lainnya seperti hak atas kebebasan untuk bergerak dan merakit. Misalnya, di Finlandia sebuah sistem kartu perjalanan digunakan untuk merekam semua hal ketika kartu tersebut ditunjukkan ke mesin pembaca di berbagai jalur transportasi umum. Hal ini memicu perdebatan dari perspektif kebebasan bergerak dan pengumpulan data kartu perjalanan telah ditinggalkan berdasarkan undang-undang perlindungan data.

PSI

Lihat {term:Informasi Sektor Publik}.

Public Sector Information

Informasi dikoleksi atau dikendalikan oleh sektor publik.

API

Lihat {term:Antarmuka Aplikasi Pemrograman}.

Application Programming Interface Sebuah cara program komputer saling berbicara dengan yang lainnya. Dapat dipahami dalam hal bagaimana seorang pemrogram mengirimkan instruksi antar program.

Web API

Sebuah API yang didesain untuk bekerja melalui Internet.

Share-alike License Sebuah lisensi yang mewajibkan para pengguna produknya untuk menyediakan konten yang berada di bawah naungan yang sama atau mirip kondisinya dengan yang aslinya.

Public domain Tidak ada hak cipta yang melintasi kerja. Tidak ada dalam semua yurisdiksi.

Database rights Sebuah hak untuk mencegah orang lain dari ekstraksi dan penggunaan ulang konten dari basisdata. Hal ini dapat ditemui terutama di wilayah yurisdiksi Eropa.

Copyright Sebuah hak untuk para pencipta karya kreatif guna membatasi penggunaan lain dari karya-karyanya. Seorang pemilik hak cipta berhak untuk menentukan bagaimana orang lain dapat menggunakan karya tersebut.

Re-use

Penggunaan konten di luar tujuan aslinya.

Open standards Umumnya dipahami sebagai standar teknis yang bebas dari pembatasan lisensi. Bisa juga diartikan standar yang dikembangkan dalam koridor vendor yang netral. Anonymization See Anonymisation.

Anonymisation

Proses adaptasi data sehingga setiap individu tidak dapat diidentifikasi darinya.

IP rights

Lihat {term:Hak kekayaan intelektual}.

Intellectual property rights

Monopoli diberikan kepada individu untuk kreasi-kreasi intelektual.

AR

Lihat {term:Daftar Informasi Aset}.

IAR

Lihat {term:Daftar Informasi Aset}.

EU

Eropa Bersatu.

EU PSI Directive Petunjuk pada penggunaan ulang informasi sektor publik, 2003/98/EC. “berurusan dengan cara badan-badan sektor publik harus meningkatkan cara penggunaan kembali sumber daya informasi mereka.” Legislative Actions - PSI Directive

Information Asset Register IARS adalah register khusus yang dibentuk untuk menangkap dan mengatur meta-data tentang jumlah besar informasi yang dimiliki oleh departemen dan lembaga pemerintah. Sebuah IAR komprehensif mencakup basisdata, kumpulan file lama, file elektronik terbaru, koleksi statistik, penelitian dan sebagainya.

EU PSI Directive mengakui pentingnya register aset untuk calon pengguna ulang informasi publik. Hal ini memerlukan kesediaan negara-negara anggota untuk memberikan daftar, portal, atau sesuatu yang serupa. Ini menyatakan:

Tools that help potential re-users to find documents available
for re-use and the conditions for re-use can facilitate
considerably the cross-border use of public sector documents.
Member States should therefore ensure that practical arrangements
are in place that help re-users in their search for documents
available for reuse. Assets lists, accessible preferably online,
of main documents (documents that are extensively re-used or
that have the potential to be extensively re-used), and portal
sites that are linked to decentralised assets lists are examples
of such practical arrangements.

IARS dapat dikembangkan dengan cara yang berbeda. Departemen pemerintah dapat mengembangkan IARS versi mereka sendiri dan ini dapat dikaitkan dengan IARS versi nasional. IARS dapat mencakup informasi yang dipegang oleh badan-badan publik, tetapi pada yang belum - dan mungkin tidak akan - secara proaktif diterbitkan. Oleh karena mereka memperkenankan anggota masyarakat untuk mengidentifikasi informasi yang ada dan yang dapat diminta.

Bagi publik untuk memanfaatkan IARS ini, adalah penting setiap register dari informasi yang dimiliki harus selengkap mungkin agar memiliki keyakinan bahwa dokumen tersebut dapat ditemukan. Ketidaklengkapan beberapa register merupakan masalah yang signifikan karena menciptakan suatu tatanan yang dapat mendorong sebagian untuk tidak menggunakan register dalam mencari informasi.

Adalah penting setiap metadata pada IARS harus komprehensif sehingga mesin pencari dapat berfungsi secara efektif. Dalam semangat keterbukaan data pemerintah, badan publik harus membuat IARS mereka menjadi tersedia untuk masyarakat umum berbentuk data mentah di bawah naungan lisensi terbuka sehingga peretas sipil pun dapat menggunakan data tersebut, misalnya dengan membangun mesin pencari dan antar mukanya.

Open Government Data {term:Data terbuka} diproduksi oleh pemerintah. Hal ini diterima secara umum pengumpulan data selama kegiatan bisnis dianggap sebagai hal yang biasa yang tidak mengidentifikasi individu atau melanggar sensitivitas komersial. Data terbuka pemerintah adalah sebuah kumpulan data dari {term:Informasi Sektor Publik}, yang lingkupnya lebih luas. Lihat lebih rinci di http://opengovernmentdata.org.

Tab-separated values Tab-separated values (TSV) adalah format teks yang sangat umum digunakan untuk data tabular yang bisa berbagi. Formatnya sangat sederhana dan sangat {term:dapat dibaca oleh mesin}.