guide

Nah Saya Sudah Membukakan Beberapa Data, Selanjutnya Apa?

Languages:  de  el  en  es  fr  he  hr  id  is  it  ja  ko  lt  lv  my  nl_BE  pt_BR  ro  ru  zh_CN  zh_TW  my 

Kami telah memperhatikan bagaimana melegalisasi informasi pemerintah dan mengolahulangnya secara teknis. Langkah selanjutnya adalah mendorong orang lain untuk menggunakan data tersebut.

Bagian ini membahas hal-hal tambahan yang dapat dilakukan untuk mempromosikan data yang digunakan kembali.

Beritahu dunia!

Pertama dan terpenting, pastikan anda mempromosikan fakta bahwa anda telah memulai sebuah kampanye untuk mempromosikan {term:data terbuka} di area yang menjadi tanggung jawab anda.

Jika anda membuka banyak kumpulan data, maka akan menjadi sesuatu yang berharga dengan meluangkan sedikit waktu untuk memastikan orang-orang tahu (atau sedikitnya mereka dapat mencari tahu tentangnya) bahwa anda telah melakukannya.

Sebagai tambahan misalnya siaran pers, pengumuman di situs anda, dan sebagainya, anda mungkin mempertimbangkan:

  • Menghubungi organisasi terkemuka atau para individu yang bekerja/berminat di area ini
  • Menghubungi mailing list terkait atau grup social networking
  • Langsung menghubungi calon pengguna yang anda kenal yang mungkin tertarik dalam data ini

Memahami pemirsa anda

Seperti semua komunikasi publik, keterikatan dengan komunitas data perlu ditargetkan. Seperti semua kelompok pemangku kepentingan, pesan yang tepat dapat terbuang jika diarahkan ke daerah yang salah.

Komunitas digital cenderung sangat bersedia untuk berbagi informasi baru, namun mereka sangat cepat mengkonsumsinya. Menulis seolah-olah pesan anda akan mengalir begitu saja, daripada mengundang kritisi ditelaah secara mendalam.

Anggota komunitas teknologi tidak mirip dengan masyarakat umum dalam menggunakan MS Windows. Hal ini berarti bahwa anda tidak harus menyimpan dokumen dalam format MS Office yang dapat dibaca secara local atau tidak terkoneksi. Ada dua alasan untuk ini:

  • Yang pertama adalah dokumen-dokumen tersebut akan kurang bisa diakses. Ketimbang memilih melihat dokumen pada layar anda, pembaca mungkin akan lebih memilih melihat salinan sempurna dari media alternatif.
  • Keduanya, lembaga anda mengirimkan pesan implisit bahwa anda tidak akan mengambil langkah menuju menjadi pengembang. Sebaliknya, anda tunjukkan bahwa anda mengharapkan komunitas teknologi untuk datang kepada Anda.

Kirimkan material anda pada situs pihak ketiga

Banyak blog telah menciptakan sebuah komunitas pembaca yang sangat besar dengan bidang-bidang topik tertentu. Mungkin akan dapat berguna dengan menambahkan sebuah artikel tentang inisiatif anda pada situs-situs mereka. Hal ini bisa menjadi saling menguntungkan. Anda akan mendapat lebih banyak lagi peminatsedangkan mereka mendapat sebuah artikel blog gratis pada bidang topik mereka.

Jadikan komunikasi anda lebih dekat dengan media sosial

Tidak realistis untuk mengharapkan pejabat dapat menghabiskan waktunya untuk terlibat lebih lama dengan media sosial. Bagaimanapun juga, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memastikan konten anda dapat dengan mudah dibagi antara pengguna teknis. Beberapa tips:

  • Provide unique pages for each piece of content

Ketika sebuah pesan dibagikan ke yan glain, si penerima rujukan akan mencari konten yang relevan dengan cepat.

  • Avoid making people download your press releases

Siaran pers baik juga. Mereka merupakan pesan singkat untuk titik tertentu. Namun, jika anda membutuhkan orang untuk mengunduh konten tersebut dan dengan itu bisa dibuka di luar peramban web, lalu beberapa orang akan membacanya. Mesin pencari cenderung untuk mengindeks konten. Orang-orang cenderung mengklik untuk mengunduh.

Selain memberikan kepastian kepada orang-orang yang ingin berbagi konten Anda bahwa ini adalah dibolehkan, Anda mengirim pesan bahwa agen Anda memahami keterbukaan. Hal ini pasti akan meninggalkan kesan yang jauh lebih signifikan untuk pendukung data yang terbuka daripada kalimat tertentu dalam siaran pers Anda.

Media sosial

Itu tidak efisien untuk lembaga yang minim dana bila harus menghabiskan waktu berjam-jam di situs media sosial. Cara yang paling signifikan agar suara anda dapat didengar melalui forum ini adalah dengan memastikan bahwa kiriman blog yang mudah untuk dibagikan. Itu berarti, sebelum membaca bagian berikutnya, pastikan bahwa anda telah membaca yang terakhir. Bersama itu untuk dipikirkan, berikut adalah beberapa saran:

  • Discussion fora

Twitter telah muncul sebagai platform pilihan untuk menyebarkan informasi dengan cepat. Apa pun yang ditandai dengan #opendata akan segera dilihat oleh ribuan.

LinkedIn mempunyai sebuah kelompok besar pilihan yang ditargetkan menuju data terbuka.

Sementara Facebook sangat bagus untuk permisa umum, ia belum memberikan perhatian yang banyak pada komunitas data terbuka.

  • Link aggregators

Kirimkan konten anda ke jaringan berita para pecandu yang terkait. Reddit dan Hacker News adalah dua raksasa di arena tersebut untuk saat ini. Pada tingkat yang lebih rendah, Slashdot dan Digg juga bisa menjadi alat yang berguna di area ini.

Situs-situs tersebut memiliki kecenderungan untuk mengarahkan lalu lintas yang signifikan ke bahan yang menarik. Mereka juga sangat terfokus pada bidang topiknya.

Mendapatkan orang-orang dari ruangan: Unconferences, Meetups dan Barcamps

Berhadapan langsung dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk mendorong orang lain menggunakan data anda. Alasan yang mungkin jadi pertimbangan anda menyelenggarakan acara tersebut di antaranya:

  • Mencari tahu lebih banyak tentang para calon pengguna ulang data anda
  • Cari tahu lebih banyak tentang kebutuhan akan kumpulan data berbeda
  • Mencari tahu lebih banyak tentang bagaimana orang-orang ingin menggunakan ulang data anda
  • Perkenankan para calon pengguna ulang untuk mencari tahu lebih banyak data apa yang anda miliki
  • Mengkondisikan para calon pengguna untuk saling bertemu satu sama lain (misalnya agar mereka bisa saling berkolaborasi)
  • Mengekspos data anda ke khalayak yang lebih luas (misalnya dari artikel blog atau liputan media yang memungkinkan dapat membantu untuk menghasilkan)

Terdapat pula ragam cara berbeda dalam menjalankan kegiatan, dan perbedaan jenis-jenis kegiatan, tergantung pada tujuan apa yang ingin anda capai. Sebagaimana kebanyakan model konferensi tradisional, yang akan mencakup hal-hal seperti pembicaraan formal pra persiapan, presentasi dan demonstrasi, terdapat pula bermacam kegiatan yang mendorong partisipan, di mana orang-orang yang akan muncul mungkin:

  • Memandu atau menetapkan agenda kegiatan
  • Perkenalkan diri mereka sendiri, berbincang mengenai apa yang mereka minati dan apa yang mereka kerjakan, secara ad hoc.
  • Berikan presentasi kecil-singkat dadakan pada sesuatu yang sedang mereka kerjakan
  • Memimpin sesi pada sesuatu yang mereka minati

Ada banyak dokumentasi daring tentang bagaimana menjalankan kegiatan semacam ini, yang dapat anda temukan dengan mencari hal-hal seperti: ‘unconference’, ‘BarCamp’, ‘meetup’, ‘speedgeek’ ‘lightning talk’, dan sebagainya. Anda juga dapat menemukannya berguna dengan menghubungi orang-orang yang telah menjalankan kegiatan semacam ini di negara lain, yang kemungkinan besar akan tertarik untuk membantu anda dan memberi arahan tentang kegiatan anda. Akan menjadi berharga pula untuk bermitra dengan organisasi lain (misalnya organisasi masyarakat madani, sebuah lembaga berita atau lembaga pendidikan) untuk memperluas partisipan anda dan untuk meningkatkan ekspos anda.

Buatlah sesuatu! Hackday, kompetisi dan prototipe

Struktur dari kompetisi ini adalah bahwa sejumlah kumpulan data dirilis lalu kemudian para pemrogram meluangkan waktunya - antara 48 jam hingga beberapa minggu - untuk mengembangkan aplikasi yang dapat menggunakan data tersebut. Sebuah hadiah kemudian diberikan untuk aplikasi yang terbaik. Kompetisi semacam ini telah banyak diselenggarakan di sejumlah negara termasuk Inggris, Amerika Serikat, Norwegia, Australia, Spanyol, Denmark dan Finlandia. Examples for Competitions —————————————————————————————————-

Show us a better way adalah kompetisi yang serupa pertama di dunia. Kompetisi tersebut diinisiasi oleh “The Power of Information Taskforce” Pemerintah Inggris yang dipimpin oleh Menteri Kabinet Tom Watson pada Maret 2008. Kompetisi ini meminta “Apa yang akan anda buat dengan informais publik?” dan telah dibuka untuk para pemrogram di seluruh dunia dengan hadiah berupa £80,000 untuk lima besar aplikasi terbaik.

Apps for Democracy merupakan salah satu kompetisi pertama di Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Oktober 2008 oleh Vivek Kundra, yang saat itu menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) of the District of Columbia (DC) Government. Kundra telah mengembangkan terobosan katalog data DC, http://data.octo.dc.gov/, termasuk kumpulan data aktual mengenai kejahatan, selain itu nilai ujian sekolah, dan indikator kemiskinan. Katalog aktual tersebut telah menjadi katalog data paling komprehensif di dunia pada saat itu. Tantangannya kemudian adalah bagaimana untuk membuatnya menjadi berguna bagi warga masyarakat, pengunjung, perusahaan dan instansi pemerintah di Washington, DC.

Solusi kreatifnya adalah dengan menciptakan sebuah kontes Apps for Democracy atau Aplikasi untuk Demokrasi. Strateginya adalah dengan meminta orang-orang untuk membangun sebuah aplikasi yang menggunakan data-data dari katalog data yang baru diluncurkan tersebut. Termasuk dalam strateginya adalah pengiriman aplikasi secara daring, lalu lebih banyak disediakan hadiah-hadiah kecil ketimbang yang besar, dan diselenggarakan dengan beberapa kategori sebagaimana yang digelar oleh “People’s Choice” prize. Lomba ini terbuka selama 30 hari dengan biaya yang dikeluarkan pemerintah DC sebesar $50,000. Hasilnya, tercipta 47 aplikasi-aplikasi yang berbentuk aplikasi untuk iPhone, Facebook dan web yang diperkirakan pengembangannya bernilai lebih dari $2,600,000 untuk perekonomian lokal.

The Abre Datos (Open Data) Challenge 2010. Diselenggarakan di Spanyol pada April 2010, kontes ini para pengembang untuk membuat aplikasi open source yang dapat menggunakan data publik dalam rentang waktu hanya 48 jam. Kompetisi ini diikuti 29 tim partisipan yang mengembangkan beberapa aplikasi termasuk di dalam program telepon mobile yang mengakses informasi lalulintas di Basque Country, serta mengakses data di bus dan halte bus di Madrid, masing-masing memenangkan hadiah pertama sebesar €3,000 dan kedua sebesar €2,000.

Nettskap 2.0. Pada April 2010 Kementrian Administrasi Pemerintahan Norwegian menggelar “Nettskap 2.0”. Para pengembang Norwegian – perusahaan, lembaga publik ataupun individual – diundang untuk membuat ide-ide proyek berbasis web seputar area pengembangan layanan, efisiensi proses kerja, dan meningkatkan partisipasi demokrasi. Mendorong secara eksplisit penggunaan data pemerintah. Sekalipun batas waktu akhir aplikasi hingga pada bulan berikutnya, pada 9 Mei, Menteri Rigmor Aasrud menyatakan bahwa responnya “sangat besar”. Dari total 137 aplikasi yang diterima, tidak kurang dari 90 aplikasi dibangun berbasiskan penggunaan ulang data pemerintah. Total hadiah senilai 2,5 juta NOK telah didistribusikan ke 17 pemenang; sementara nilai pengembangan dari 137 aplikasi yang masuk berkisar antara 28,4 juta NOK.

Mashup Australia. Australian Government 2.0 Taskforce telah mengundang warga masyarakatnya untuk memperlihatkan mengapa akses terbuka ke informasi pemerintahan Australia dapat bernilai positif untuk pembangunan ekonomi dan sosial negara. Kontes berjalan dari 7 Oktober hingga 13 November 2009. Gugus Tugas tersebut merilis sejumlah kumpulan data di bawah naungan lisensi terbuka dan dalam format yang dapat digunakan ulang. Sebanyak 82 aplikasi yang masuk ke kontes menjadi bukti selanjutnya aplikasi-aplikasi yang baru dan inovatif yang dapat dibangun dari rilis data pemerintah dalam kerangka terbuka.

Konferensi, Barcamp, Hackday

Salah satu cara paling efektif bagi Civil Society Organisation (CSO) untuk mendemostrasikan pada pemerintah tentang nilai dari membuka kumpulan data-data mereka adalah dengan memperlihatkan cara yang beragam dalam mengelola informasi guna meraih manfaat sosial dan ekonomi. CSO yang mempromosikan penggunaan ulang telah dijadikan instrumen di beberapa negara yang memiliki kebijakan dan hukum yang lebih maju untuk memastikan kumpulan-kumpulan data tersebut secara aspek teknis dan aspek hukum benar-benar terbuka.

Kegiatan yang khas yang dilakukan sebagai bagian dari inisiatif ini biasanya mencakup kompetisi, konferensi {term:data terbuka pemerintah}, “unconferences”, lokakarya dan “hack days”. Kegiatan-kegiatan seperti ini sering diselenggarakan oleh komunitas pengguna dengan data yang telah dipublikasikan secara proaktif atau diperoleh dengan menggunakan permintaan akses informasi. Dalam kasus lain, advokat masyarakat sipil telah bekerja dengan pejabat publik progresif untuk mengamankan rilis baru dari kumpulan data yang dapat digunakan oleh pemrogram untuk membuat aplikasi yang inovatif.